PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN KOMUNIKASI
BAB I Perencanaan komunikasi
1.
Hakekat perencanaan
Perencanaan merupakan
suatu proses yang kontinyu meliputi
rencana dan pelaksanaan, yang kontinu tersebut perlu beberapa unsur-unsur.
a.
mempunyai ciri-ciri yang yang berorentasi kepada
pelaksanaan di masa mendatang
b.
proses yang kontinuitas dan fleksibilitas
c.
menggunakan perencanaan dapat seopersional mungkin
dalam mencapai tujuan
d.
adanya sistem pengecualian pelaksanaan rencana yaitu
keserasian antara pelaksanaan dengan perencanaan
e.
adanya sistem pelaporan dan evaluasi dalam proses
perencanaan.
Perencanaan
adalah penting, karena perencanaan akan memberi efek baik pada pelaksanaan
maupun pengawasan. Suatu perencanaan
merupakan langkah pertama dalam usaha mencapai suatu kegiatan. Para ahli
memberikan definisi perencanaan satu sama lain berbeda namun mereka dapat
menyetujui bahwa perencanaan pada hakekatnya ialah “ usaha
yang dilakukan terus menerus serta diorganisasikan untuk memilih yang terbaik
dari berbagai alternatif yang ada bagi pencapaian tertentu.” (Suprapto
M:1982)
Perencanaan
adalah keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang daripada
hal-hal yang akan dikerjakan di masa akan datang rangka pencapaian tujuan yang
telah ditentukan. (Siagian.S.P.: 1977). Perencanaan diartikan sebagai usaha
sadar untuk memikirkan
alternatif-alternatif yang mungkin dapat dicapai pada masa depan, menguji alternatif tersebut dan
memilih alternatif yang dikehendaki agar dapat ditentukan pula bagaimana cara
mencapainya. Perencanan suatu proses
yang menetapkan lebih dahulu kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan,
prosedur dan metode pelaksanaan untuk mencapai tujuan komunikasi.
2.
Hakekat perencanaan Komunikasi
Perencanaan memiliki
hubungan yang sangat erat dengan komunikasi, karena perencanaan adalah suatu proses yang harus ditetapkan terlebih dahulu dalam rangka untuk mencapai tujuan
komunikasi. Suatu rencana adalah
merupakan kegiatan yang ditentukan
sebelum melakukan kegiatan guna untuk mencapai tujuan, tujuan yang telah
ditetapkan terlebih dahulu. Prenecanaan komunikasi merupakan tindakan yang
menyeluruh yang saling barkaitan antara unsur yang satu dengan unsur yang lain,
sehingga merupakan suatu sistem.
Arti penting dari perencanan
komunikasi ini, karena perencanaan
omunikasi akan memberi efek atau dampak baik di dalam proses pelaksanaan maupun
pada evaluasi suatu perencanaan
komunikasi merupakan langkah awal dalam
usaha mencapai suatu keberhasilan suatu
kegiatan sebagai keseluruhan. Memperhartikan ulasan diatas, maka inti
perencananaan komunikasi adalah”
Komunikasi memegang peranan dalam perencanaan dan fungsi komunikasi
tersangkut dan merembes dalam proses perencanaan, sehingga diperlukan media
komunikasi dalam organisasi”. (Purnomo
Atmadi:1982)
3.
Beberapa permasalahan perencanaan komunikasi
4.
Mengapa komunikasi perlu direncanakan
BAB II GAMBARAN MASALAH
1.
Gambaran umum masalah
2.
Analisa masalah
BAB III
Pendekatan dalam perencanaan komunikasi
1.
Perndekatan yang diketahui
2.
Pendekatan yang dipilih
3.
Proses pengembangan perencanaan yang terpilih
BAB IV
Tujuan dan strategi komunikasi/ kampaye
1.
Tujuan (umum dan khusus)
2.
Sasaran strategi
3.
Isi (pesan) strategi yang akan dipakai
4.
Media strategi yang akan dipakai
5.
Cara membangkitkan respon
BAB V Langkah-langkah kegiatan komunikasi dan
analisa akhir informasi
1.
Langkah dalam promosi/edukasi/motivasi kegiatan
komunikasi/kampaye
2.
Pelembagaan legimitasi
3.
Mobilisasi/penggalangan dukungan
4.
Aksi dan penetrasi
5.
Pemantapan/pemeliharaan/monitoring
6.
Evaluasi
7.
Penjadwalan kegiatan
8.
Pembiayaan komunkasi/kampaye
Tidak ada komentar:
Posting Komentar