Kamis, 20 Maret 2014

Perencanaan dan Pengelolaan Komunikasi


PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN KOMUNIKASI


BAB I    Perencanaan komunikasi

1.      Hakekat perencanaan
Perencanaan merupakan suatu proses yang kontinyu  meliputi rencana dan pelaksanaan, yang kontinu tersebut perlu beberapa unsur-unsur.
a.       mempunyai ciri-ciri yang yang berorentasi kepada pelaksanaan di masa mendatang
b.      proses yang kontinuitas dan fleksibilitas
c.       menggunakan perencanaan dapat seopersional mungkin dalam mencapai tujuan
d.      adanya sistem pengecualian pelaksanaan rencana yaitu keserasian antara pelaksanaan dengan perencanaan
e.       adanya sistem pelaporan dan evaluasi dalam proses perencanaan.
Perencanaan adalah penting, karena perencanaan akan memberi efek baik pada pelaksanaan maupun pengawasan. Suatu  perencanaan merupakan langkah pertama dalam usaha mencapai suatu kegiatan. Para ahli memberikan definisi perencanaan satu sama lain berbeda namun mereka dapat menyetujui bahwa perencanaan pada hakekatnya ialah  “ usaha yang dilakukan terus menerus serta diorganisasikan untuk memilih yang terbaik dari berbagai alternatif yang ada bagi pencapaian tertentu.” (Suprapto M:1982)
Perencanaan adalah keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang daripada hal-hal yang akan dikerjakan di masa akan datang rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan. (Siagian.S.P.: 1977). Perencanaan diartikan sebagai usaha sadar  untuk memikirkan alternatif-alternatif yang mungkin dapat dicapai pada masa  depan, menguji alternatif tersebut dan memilih alternatif yang dikehendaki agar dapat ditentukan pula bagaimana cara mencapainya. Perencanan suatu proses  yang menetapkan lebih dahulu kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan, prosedur dan metode pelaksanaan untuk mencapai tujuan komunikasi.

2.      Hakekat perencanaan Komunikasi
Perencanaan memiliki hubungan yang sangat erat dengan komunikasi, karena perencanaan adalah  suatu proses yang  harus ditetapkan terlebih dahulu  dalam rangka untuk mencapai tujuan komunikasi. Suatu rencana  adalah merupakan kegiatan  yang ditentukan sebelum melakukan kegiatan guna untuk mencapai tujuan, tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Prenecanaan komunikasi merupakan tindakan yang menyeluruh yang saling barkaitan antara unsur yang satu dengan unsur yang lain, sehingga merupakan suatu sistem.  Arti  penting dari perencanan komunikasi  ini, karena perencanaan omunikasi akan memberi efek atau dampak baik di dalam proses pelaksanaan maupun pada evaluasi  suatu perencanaan komunikasi merupakan langkah awal  dalam usaha  mencapai suatu keberhasilan suatu kegiatan sebagai keseluruhan. Memperhartikan ulasan diatas, maka inti perencananaan komunikasi adalah”  Komunikasi memegang peranan dalam perencanaan dan fungsi komunikasi tersangkut dan merembes dalam proses perencanaan, sehingga diperlukan media komunikasi  dalam organisasi”. (Purnomo Atmadi:1982)
3.      Beberapa permasalahan perencanaan komunikasi

4.      Mengapa komunikasi perlu  direncanakan

BAB II  GAMBARAN MASALAH
1.      Gambaran umum masalah
2.      Analisa masalah

BAB III Pendekatan dalam perencanaan komunikasi
1.      Perndekatan yang diketahui
2.      Pendekatan yang dipilih
3.      Proses pengembangan perencanaan yang terpilih

BAB IV Tujuan dan strategi komunikasi/ kampaye
1.      Tujuan (umum dan khusus)
2.      Sasaran strategi
3.      Isi (pesan) strategi yang akan dipakai
4.      Media strategi yang akan dipakai
5.      Cara membangkitkan respon

BAB V  Langkah-langkah kegiatan komunikasi  dan  analisa akhir informasi
1.      Langkah dalam promosi/edukasi/motivasi kegiatan komunikasi/kampaye
2.      Pelembagaan legimitasi
3.      Mobilisasi/penggalangan dukungan
4.      Aksi dan penetrasi
5.      Pemantapan/pemeliharaan/monitoring
6.      Evaluasi
7.      Penjadwalan kegiatan
8.      Pembiayaan komunkasi/kampaye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar