Kamis, 13 Maret 2014

Tantangan Dakwah “ Jamaah Masjid Shiratal Mustakin Lebak Arum”


Oleh Naharuddin
Dakwah yang dilakuan oleh jamaah masjid Sirotal Mustakin Lebak Arum sangatlah menentang baik dari segi lingkungan, ekonomi dan agama. Jamaah ini berada di tengah-tengah komunitas non muslim dan bersampingan dengan rumah sekolah TK Katolik. Ustz Udin beserta keluarganya merupakan motor penggerak dari jammah tersebut. Ustz Udin membuat usaha  roti, usaha ini dijadikan salah satu alat dakwahnya dan setiap karyawannya di wajibkan sholat lima waktu di masjid Siratol Mustakim khususnya setiap sholat Subuh, magrib dan Isya.

Jamaah ini mempunyai Taman Pendidikan Anak (TPA) dengan jumlah murid sekitar “lima puluh lebih dan akhir-akhir ini makin banyak orang tua yang memasukkan anaknya di TPA tersebut baik itu anak-anak pemula maupun pindahan dari TPA dari luar” menurut hemat saya. Dengan banyaknya murud tersebut maka TPA ini dibagi menjadi dua kelas yaiatu; kelas ba’da asar dan ba’da magrib. Dengan tenaga pengajar masyarakat setempat setelah sholat ashar dan mahasiswa STAIL Hidayatullah setelah sholat magrib, “mahasiswa ini sangat diharapkan oleh jamaah tersebut untuk menguatkan aqidah dan pemberi pemahaman agama kepada peserta didiknya.” menurut ustz Uddin
Di samping kegigihannya memberi pemahaman agama kepada anak-anak, jamaah ini juga mempunyai ibu-ibu pengajian bukan hanya itu setiap malam rabu dan kamis bapak-bapak yang berada di jammah tersebut baik itu karyawan ustz Uddin atau bukan juga aktif untuk mengikuti kajian di masjid tersebut. Guna untuk memperbaiki bacaan al-qur’an dan pemahaman keislamannya. Untuk pengajian ibu-ibu dan bapak-bapak, mereka mendatangkan ustz-ustz luar. Dan “terkadang ada jamaah dari luar daerah Lebak Arum itu yang datang menghadiri pengajian tersebut.” Ujar salah satu jamaah masjid Shiratal Mustakin.
Masjid Shiratal Mustakin ini mempunyai luas sekitar 7 kali 16 meter, di dalam masjid tersebut terdapat perpustakaan, yang dijadikan sebagai bahan bacaan untuk mendalami pemahaman agama dengan sekitar berapa puluh judul buku. Ada buku yang membahas tentang Liberalisme, sekuler dan isme-lainnya, sejarah, ibdah, aqidah, kitab-kitab dan masih banyak lagi.



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar